Pemda Pulau Morotai dan Balitbang Kemendagri Bahas Pembangunan Daerah Inovasi Berbasis Tipelogi

  • Whatsapp
Suasana rapat Pemda Pulau Morotai dengan Tim Inovasi Balitbang Kemendagri (Foto: Fizri/KabarMalut)

DARUBA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pulau Morotai  bersama Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), menggelar rapat dalam rangka membahas pembangun daerah inovasi berbasis tipelogi.

Tim Inovasi Balitbang Kemedagri, Jerry menyampaikan komitmen kepala daerah menjadi salah satu penentu untuk pembangun daerah inovasi, data base, dana insentif alokasi daerah sebagaimana diisyaratkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 38 dan Kemendagri nomor 104.

Muat Lebih

“Insya Allah Morotai bisa pada tahun 2019 ini. Kaitan dengan survei pelayanan publik, Morotai sudah pada 80 persen. Kemudian bagaimana inovasi daerah ini melalui media visual dan insya Allah dalam waktu dekat kami launching,” kata Jerry dalam pertemuan yang berlangsung di Kediaman Bupati Pulau Morotai Benny Laos, Rabu (9/5/2019).

Sementara itu, Asisten I Setda Pulau Morotai, Muhlis Baay yang ikut hadir pada pertemuan tersebut menjelaskan secara grafik semua masyarakat bisa berinovasi. Kini Pulau Morotai sudah melakukan berbagai inovasi program daerah antara lain seperti pendidikan gratis, kesehatan gratis, dapur sehat, BUMDes Mart, intensif lansia dan sekolah/kampus unggulan.

“Saya kira masih banyak lagi, karena setiap OPD punya desa binaan yang terus berinovasi. Jadi yang namanya inovasi itu pembaharuan dengan mengunakan teknologi tepat guna dalam penerapan masyarakat,” terangnya.

Asisten II Setda Pulau Morotai, Alex Welmasubun juga menambahkan selama ini inovasi menargetkan DID, dan terus dipertahankan. Kerena semakin banyak inovasi, maka semakin banyak angarannya, sebab Pulau Morotai memiliki 22 inovasi. (Ajo)

Pos terkait