oleh

Kapolres Halsel Tinjau Kesiapan Pasukan Pengamanan Pemilu

LABUHA – Kepolres Halmahera Selatan (Halsel), AKBP Agung Setyo W bersama  Waka Polres dan Pejabat Utama Polres Halsel melakukan peninjauan langsung kesiapan pasukan yang akan mengamankan jalannnya Pemilu 2019 di wilayah Halsel.

Peninjauan pasukan dilakukan dengan menggelar Apel Pergeseran Kesiapan (Serpas) dalam rangka Pengamanan Pungut dan Hitung Suara Pileg dan Pilpres tahun 2019, yang dipimpin langsung Kapolres Halsel AKBP Agung Setyo W, berlangsung di lapangan Apel Polres Halsel, Sabtu (13/4/2019).

Kapolres Halsel, AKBP Agung Setyo W Kapolres Halsel menyampaikan Apel Serpas merupakan rangkaian dari Operasi Mantap Brata 2018-2019 yang telah dilalui. Hal ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada pelaksanaan Pemilu 2019 pada 17 April mendatang.

“Saat ini kita memasuki tahap inti yakni tahap pemungutan suara, pengamanan yang akan kita lakukan secara preventif dan represif yang didukung upaya penegakan hukum serta dibantu dengan  kegiatan intelejen,” kata Agung dalam arahannya.

Tujuan pengamanan tidak lain untuk menjamin terselenggaranya kegiatan Pemilu tahun 2019 agar berjalan dengan lancar, tertib dan aman sebagai salah satu bentuk integritas tugas aparat pengamanan dalam memelihara Kamtibmas, penegakan hukum dan memberikan perlindungan, pengayoman serta pelayanan terhadap masyarakat.

“Dengan apel Pergeseran ini juga bertujuan untuk memantapkan kesiapsiagaan baik personil, perlengkapan dan cara bertindak dalam Pemilu 2019,” jelasnya.

Agung berharap untuk bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, kedepankan pencegahan, laksanakan dengan tulus ikhlas karena bagaimanapun kita diberikan amanat oleh masyarakat dan bangsa kepada kita selaku aparat keamanan. Masyarakat menginginkan Pemilu yang kondusif, aman, damai dan sejuk.

“Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya amankan lokasi  dengan sebaik-baiknya serta dikoordinasikan secara sinergis antara POLRI, TNI dan aparat keamanan lainnya agar pelaksanaan pemungutan suara tidak terganggu dan tetap dilaksanakan sesuai pada waktunya,” tuturnya.

Seluruh Kapolsek dan Petugas Pengamanan diimbau agar mengecek dan memastikan lokasi TPS yang ada di wilayah masing-masing, benar-benar siap dan aman. Sehingga pada pelaksanaannya tidak terjadi hambatan yang dapat mengganggu jalannya pemungutan dan perhitungan suara.

“Catat dan monitor secara intensif hal-hal yang berpotensi menimbulkan konflik dan secara aktif melaporkan kepada atasannya sebagaimana antisipasi kemungkinan terjadinya konflik tersebut,” tandasnya Kapolres. (Ajo)

Komentar

Kabar Lainnya