oleh

KPU Malut Rakor Penyusunan DPK dan DPTb

TERNATE – KPU Provinsi Maluku Utara (Malut) gelar Rapat Koordinasi dalam rangka penyusunan Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan Daftar Pemilihan Tambahan (DPTb) dalam Pemilihan Umum tahun 2019. Rapat yang berlangsung di salah satu hotel di Kota Ternate ini, diikuti seluruh Ketua Bawaslu Kabupaten/Kota di Malut dan dipimpin Ketua KPU Malut, Sahrany Samadayo.

“Rapat koordinasi ini bertujuan untuk melakukan pendataan kepada warga, baik yang menetap maupun pendatang. Hal ini tentunya karena Maluku Utara khususnya Kota Ternate memiliki instansi vertikal yang jumlah karyawan atau pegawai yang berdomisili di Jawa, Sumatera dan kota lain dan hanya menetap sementara di wilayah Maluku Utara,” tandas Sahrany kepada KabarMalut, Rabu (30/1/2019) malam.

Sahrany mengatakan, penyusunan DPK dan DPTb berlangsung hingga 16 Maret 2019 dan akan ditetapkan pada 17 Maret 2019. Untuk itu, bagi masyarakat yang ada di kabupaten/kota yang berkeinginan untuk melakukan pindah TPS dapat mengurus dokumen.

“Pemilih yang akan pindah TPS dapat mengurus A5 di KPU daerah asal yang nantinya akan ditujukan ke TPS yang dituju, dengan demikian nantinya nama yang terdaftar dalam DPT TPS awal akan dihapus dan namanya akan muncul di TPS tujuan,” kata Sahrany.

Sedangkan Daftar Pemilih pindahan dilakukan untuk mengantisipasi para pemilih yang tidak berada di domisilinya seperti mahasiswa, karyawan atau pegawai  yang berasal dari luar wilayah Malut.

Bagi pemilih khusus, Sahrany menambahkan bahwa pemilih yang memiliki KTP Elektronik namun belum terdaftar dalam DPT yang telah ditetapkan. (Ajo)

Komentar

Kabar Lainnya