Safari Ramadhan, Pemkab Pulau Morotai Beri Santunan Anak Yatim

  • Whatsapp
Foto Bersama Bupati Kabupaten Pulau Morotai Benny Laos (tengah) dan Anak Yatim di kecamatan Morotai Jaya

DARUBA – Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai Melakukan Safari Ramadhan dan Nuzul Qur’an di desa Sopi Kecamatan Morotai Jaya, Rabu (15/05/2019).

Turut hadir dalam safari Ramadhan ini, Bupati Pulau Morotai Benny Laos, Wakil Bupati Pulau Morotai Hi. Asrun Padoma, Kemenag pulau Morotai Hi Muhammad Qubais Baba, para Asisten Bupati dan sejumlah Kepala SKPD di lingkup Pemda Pulau Morotai, Kepala Desa Sopi, Imam desa Sopi serta Forkopimda Pulau Morotai dan seluruh masyarakat desa Sopi.

Muat Lebih

Bupati Pulau Morotai Benny Laos dalam sambutannya menyampaikan untuk saat ini ada beberapa keluhan terkait honor para Imam dan Pendeta di Pulau Morotai sehingga menurutnya hal tersebut perlu diperhatikan lagi sehingga ia berencana di tahun depan akan ada kenaikan honor bagi Imam dan Pendeta se kabupaten Pulau Morotai, serta seluruh rumah ibadah yang ada di Lima kecamatan di Pulau Morotai akan dibangun dan bagi para Imam dan Pendeta akan difasilitasi kendaraan berupa sepeda motor.

“Semua honor Imam, Pendeta dan Pengurus Masjid semua ada keluhan mudah-mudahan tahun depan kami akan naikkan honor para Imam dan Pendeta se kabupaten pulau morotai dan difasilitasi kendaraan sepeda motor”, ungkapnya.

Bupati Pulau Morotai Benny Laos saat menyampaikan sambutan di depan masyarakat desa Sopi, kecamatan Morotai Jaya.

Benny juga menyebutkan untuk jatah umroh dan Haji akan menjadi prioritas bagi para tokoh agama baik imam dan seluruh pengurus.

“Bulan Oktober umrah bagi Iman dan ke Yerusalem untuk para Pendeta ini berlaku semua kecamatan ada keterwakilannya jadi bagi yang Belum mendapatkan jatah kita tetap antre, dan untuk yang haji juga ada kabar baik kuota kita bertambah 27 jadi total kita semua 73, mudah-mudahan untuk tahun depan bagi kuota haji bertambah 100 orang bahkan lebih dari itu”, harapnya.

Untuk tahun lalu jatah keberangkatan haji ada 50 orang dan Umroh 15 orang dan bagi Pendeta yang melakukan perjalanan rohani ke Yerusalem sebanyak 15 orang. Sedangkan untuk tahun ini berubah formasi untuk haji 30 orang, Umroh 30 orang dan ke Yerusalem 30 orang.

Lanjut Benny untuk hal menyangkut kebutuhan tentang keagamaan dalam pembangunan ideologi tetap terjadi prioritas pemerintah daerah, sehingga di tahun depan nanti sudah ada program pembinaan bagi para Imam dengan pelatihan di Pulau Morotai dan melanjutkan Bimtek di Jakarta.

“Seminggu dua minggu di pesantren untuk dilatih saya sudah atur kerja sama, jadi mudahan-mudahan kita sudah mulai di tahun depan, sehingga secara rutin semua Imam yang memegang tanggung jawab rumah ibadah wajib hukumnya meningkatkan kapasitas, sehingga kalau imam tahu banyak maka umatnya juga akan tahu banyak”,pungkasnya.

Sementara di kesempatan yang sama Wakil bupati Hi. Asrun Padoma dalam sambutannya menyebutkan bahwa kegiatan seperti ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang belum pernah dilakukan sehingga ia menyebutkan bahwa hal tersebut baru dilakukan pada kepemimpinan Benny-Asrun.

Wakil Bupati Pulau Morotai, Asrun Padoma saat memberikan sambutan sekaligus memimpin Doa Buka puasa bersama.

Asrun mengimbau serta mengajak kepada seluruh masyarakat, agar dalam bulan Ramadhan semua elemen masyarakat tidak terprovokasi dengan isu – isu tidak benar atau Hoax yang dapat memecah belah keutuhan antar umat beragama.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat dalam bulan suci Ramadhan ini agar tidak terprovokasi dengan isu-isu yang tidak benar. mari kita berbenah diri untuk membangun Pulau Morotai dalam suasana aman dan damai sehingga Morotai lebih maju”, harapnya.

Kegiatan Safari Ramadhan diisi dengan ceramah yang disampaikan oleh kepala Kemenag kabupaten pulau Morotai Hi M. Qubais Baba di Masjid desa Sopi, kemudian dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada anak 36 orang anak Yatim Piatu yang tersebar di kecamatan Morotai Jaya. (*)

Pos terkait