Hilal di Maluku Utara Belum Terlihat

  • Whatsapp
Tim Rukiyat Kota Ternate, H Mahmud Zulkarnain M. Khairuddin saat melakukan pantauan Hilal di Gedung Observatory Hilal Ake Taduma. (Foto: Yunita/KabarMalut)

TERNATE – Kementerian Agama Kota Ternate bekerja sama dengan Badan Meteorologi Kimatologi dan Geofisika (BMKG) Ternate melakukan pantauan Rukyatul Hilal penentuan awal puasa 1 Ramadhan 1440 H/2019 M. Kegiatan berlangsung di Gedung Observatory Hilal Kelurahan Ake Taduma, Kecamatan Pulau Ternate Minggu (5/5/2019).

Dari hasil pantauan pada dua tititik di Maluku Utara (Malut) yakni pantai Ake Taduma Kota Ternate dan Desa Sahu Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), hilal belum terlihat karena tertutup awan tebal.

Muat Lebih

Tim Rukyat Kota Ternate, H Mahmud Zulkarnain menjelaskan bahwa saat ini hilal belum bisa terlihat dari Kota Ternate dan bahkan dari Desa Sahu, Kabupaten Halbar.  Dengan demikian, maka disimpulkan untuk Malut hilal belum bisa terlihat. Hal ini disebabkan karena posisi awan yang sangat tebal, namun jika melihat dari posisi hilal saat ini yang ada yakni berada pada 5 derajat 24 menit 54,24 detik.

“Artinya secara ilmu itu sudah berada diatas 2 derajat dan ketika posisi hilal sudah berada diatas 2 derajat dari ufuk maka Insya Allah akan terlihat, hanya saja posisi kita di Ternate maupun Halbar terhalang awan yang sangat tebal,” kata Mahmud.

Lebih lanjut Mahmud menyebutkan bahwa tidak menutup kemungkinan dari 97 titik pantauan hilal di Indonesia, pastinya akan terlihat. Karena posisi yang sangat tinggi dari ufuk sekitar 5 derajat.

“Kalau memang terlihat berarti posisi bulan Syahban saat ini ada pada 29 hari,” tambahnya.

Sementara untuk memastikan jatuhnya 1 Ramadhan, Mahmud menambahkan masih akan menunggu hasil sidang isbat yang akan dilakukan Kementerian Agama Republik Indonesia pada pukul 19.00 WIB di Jakarta.

Turut hadiri pada pantauan hilal yakni, Kepala Kemenag Kota Ternate, Kepala Kemenag Halmahera Tengah, Kepala Kemenag Halmahera Timur, Ketua MUI Kota Ternate, Tim BMKG Ternate, Tim Rukyat dan Sejumlah pengajar sekolah Islam di Kota Ternate. (Ajo)

Pos terkait