Stunting di Kota Ternate Turun Dratis

  • Whatsapp
Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Ternate, Asna Hamid (Foto: Yunita/KabarMalut)

TERNATE – Salah satu fokus pemerintah terhadap dunia kesehatan yakni pencegahan Stunting (permasalahan gizi) yang terjadi pada ibu hamil. Hal ini yang sedang digenjot oleh Pemerintah Kota Ternate melalui Dinas Kesehatan Kota Ternate.

Upaya ini bertujuan agar anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal, dengan disertai kemampuan emosional, sosial dan fisik yang siap untuk belajar, serta mampu berinovasi dan berkompetisi di tingkat global, membuahkan hasil yang maksimal.

Muat Lebih

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Ternate, Asna Hamid menyebutkan tahun 2018 angka Stunting di Kota Ternate mencapai 24 persen. Tapi saat ini turun dratis setelah dilakukan pencegahan melalui ibu hamil.

“Di tahun 2018 Kota Ternate memiliki angka Stunting hingga 24 persen, namun saat ini Stunting mengalami penurunan hingga tinggal 3 persen,” tutur Asna kepada KabarMalut, Kamis (11/4/2019).

Asna menambahkan bahwa saat ini pemerintah kota Ternate melalui Dinkes kota Ternate sedang genjot melakukan strategi dalam hal pencegahan Stunting, dengan upaya melalui gerakan PKK yakni pemanfaatan pekarangan rumah atau lahan kecil, sebagai sarana menanam sayur dan buah untuk dikonsumsi sehari-hari.

“Hal tersebut seperti yang diinstrusikan Walikota Ternate dalam Peraturan Daerah nomor 1 tahun 2012 tentang pemanfaatan lahan kecil untuk menanam sayur dan buah,” tandasnya.

Menurut Asna, Stunting sering dialami oleh ibu hamil dengan perekonomian yang minim, sehingga ibu hamil tersebut tidak bisa mengkonsumsi makanan yang bergizi dan asupan tambahan lainnya bagi kebutuhan ibu hamil dan jabang bayi.

”Terdapat tiga hal yang harus diperhatikan dalam pencegahan stunting, yaitu perbaikan terhadap pola makan, pola asuh, serta perbaikan sanitasi dan akses air bersih,” tegasnya.

Asna juga menyebutkan untuk 2018 peningkatan terjadi di Puskesmas Kalumpang Kecamatan Ternate Tengah dan Puskesmas Kalumata Kecamatan Ternate Selatan. (Ajo)

Pos terkait