Polisi Bekuk Pelaku Pengedar Uang Palsu

  • Whatsapp
Kapolsek Ternate Selatan AKP Catur Erwin Setiawan saat Konferensi Pers Penangkapan Pelaku Pengedar Uang Palsu (Foto: Yasim/KabarMalut)

TERNATE – Kepolisian Sektor (Polsek) Ternate Selatan berhasil membekuk seorang pelaku pengedar uang palsu di Kota Ternate. Pelaku berinisial JB diamankan setelah adanya laporan masyarakat dari Kelurahan Kalumata.

Kapolsek Ternate Selatan, AKP Catur Erwin Setiawan menunturkan, setelah polisi mendapat mendapat informasi langsung ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) mengamankan pelaku dengan barang bukti uang palsu pecahan Rp 100.000 sebanyak 18 lembar.

Muat Lebih

”Dari hasil uang palsu ini dibuat sendiri oleh tersangka dengan menggunakan mesin printer dan laptop,” kata Catur saat menggelar Konferensi Pers, Kamis (11/4/2019).

Pengakuan tersangka sudah menjalankan aksinya selama lima bulan terakhit yakni dimulai Desember 2018 sampai April 2019. Namun baru sekali menyebar uang palsu dengan modus belanja di waktu malam hari.

Masyarakat yang menjadi korban uang palsu, diimbau segera melapor ke Polsek Selatan. Penyidik kini masih melakukan pengembangan guna mengungkap  tersangka terlibat sindikat (kelompk) atau tidak.

“Jika dilihat beroprasi sudah masuk 5 bulan dan bukan hanya dengan pecahan 18 lembar yang sudah dibelanjakan. Dari modusnya tersangka mengambil contoh dari internet, setelah baru diedit menggunakan laptop dan di prin dengan kertas HVS,” ujarnya.

Tersangak dikenakan dengan pasal 244 dan 245 KUHP dengan ancaman hukumanya 15 tahun penjara. (Ajo)

Pos terkait