oleh

Kampanye Caleg di Medsos, Oknum ASN Halbar Diperiksa Bawaslu

JAILOLO – Oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Hairun Bahrudin diperiksa Bawaslu. Pemeriksaan terhadap Hairun karena diduga melakukan pelanggaran kampanye di media sosial (Medsos) Facebook.

Kordiv Hukum Pencegahan dan Penindakan (HPP) Bawaslu Halbar,  Aknosius Datang mengatakan, dalam pemeriksaan Hairun mengaku sudah berulang kali berkampanye menggunakan Medsos Facebook dengan memposting ajakan untuk memilih empat calon kandidat DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Halbar.

“Atas pengakuan oknum ASN tersebut, disimpulkan dalam berita acara dan diserahkan ke Bawaslu Provinsi, untuk melengkapi hal tekhnis perlengkapan kelanjutan penanganan kasus ini,” ungkap Aknosius kepada sejumlah wartawan usai pemeriksaan, Rabu (10/4/2019).

Agnosius berpendapat, bahwa Hairun diduga melanggar kode etik sebagai ASN. Dengan begitu, Bawaslu menunggu hasil telaah Bawaslu Malut untuk penerapan pasal dugaan pelanggaran.

“Diduga melanggar kode etik sebagai ASN, bisa dijerat dengan hukuman penurunan jabatan dan sanksi lain, tapi sansksi akan diberikan oleh instansi yang berwenang,” jelasnya.

Kasus Hairun diharapkan menjadi cermin untuk ASN lain agar  berhati-hati dalam menggunakan Medsos dan tindakan keseharian dalam berkampanye. Karena, ASN telah diatur jelas dalam Surat Edaran Nomor: B/94/M.SM.00.00/2019 tentang Pelaksanaan Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) Pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres), serta Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019.

Hairun Bahrudin sendiri dikonfirmasi usai pemeriksaan, enggan mau menjawab pernyataan wartawan dan bergagas meninggalkan kantor Bawaslu.  (Ajo)

Komentar

Kabar Lainnya