oleh

Bawaslu Ingatkan Peserta Pemilu Tidak Kampanye pada Minggu Tenang

JAILOLO – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) mengingatkan kepada peserta Pemilu 2019, untuk tidak berkampanye saat minggu tenang pada tanggal 14-17 April jelang pencoblosan.

“Kampanye dalam bentuk apapun di platform media sosial saat masa tenang Pemilu 2019, dalam masa tenang semua bentuk metode kampanye dilarang,” kata Ketua Bawaslu Halbar, Alwi Ahmad kepada  wartawan di ruang kerjanya, Selasa (9/4/2019).

Jika kedapatan ada kandidat dan tim  melakukan kampanye  di minggu tenang, maka bakal diberikan sanksi sebagaimana diatur dalam UU Pemilu. Ia juga menjelaskan, contoh seperti pelanggaran konten kampanye di media sosial tidak hanya menyangkut hukum Pemilu, tapi juga peraturan lain seperti UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) hingga Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

“Kalau tidak melanggar tindak pidana Pemilu, kami juga rekomendasikan ke aparat lain atau penegak hukum lain, atau juga bisa masuk pelanggaran ITE, KUHP dan lain-lain,” jelasnya.

Selain dari itu, Alwi mengharapkan kepada seluru Panwas Kecamatan, Panwas Desa dan PTPS agar lebih jeli mengawasi dalam waktu mingu tenang.

“Jangan sampai ada kandidat maupun tim melakukan blusukan maupun hal lain atas kepentingan pelaku kandidat tersebut,” tutupnya. (Ajo)

Komentar

Kabar Lainnya