KPU Halbar Tetapkan DPTb Pemilu 2019

  • Whatsapp
Rapat Pleno Terbuka Rekapirulasi dan Penetapan DPTb Tahap Kedua Pemilu 2019 oleh KPU Halbar (Foto: Surahman/KabarMalut)

JAILOLO – Komisi Pemelihaan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) Tahap Kedua dalam Pemelihaan Umum (Pemilu) tahun 2019, yang dipusatkan di Fila Gaba Desa Guaemadu Kecamatan Jailolo Rabu (20/3/2019).

Ketua KPU Halbar, Abjan Raja mengatakan penetapan DPTb Tahap Kedua tingkat Kabupaten Halbar diantaranya DPTb masuk yakni pemilih pindahan dari luar daerah, kecamatan maupun desa, DPTb masuk yaitu pemilih pindahan dari kabupaten, kecamatan atau desa yang masuk di Kabupaten Halbar dengan membawakan Fomulir C5.

Muat Lebih

“Untuk pemilih TMS yaitu pemilih yang telah terdaftar dalam DPT namun meninggal, atau telah masuk Polri atau TNI. Namum KPU serta merta menghapus namun memberikan tanda serta pada hari pencoblosan tidak diberikan C6,” ungkap Abjan.

Terpisah, Kordiv Hukum HPP Bawaslu Halbar, Aknosius Datang menyampaiakan, DPTb masuk dan keluar, apabila DPTb masuk/pindahan dari kabupaten lain mereka tidak bisa mencoblos DPRD kabupaten setempat hanya mencoblos DPR Provinsi, DPR RI, DPD dan Presiden.

“Untuk pleno DPTb hari ini kami dari pihak Bawaslu melihat dari setiap Kecamatan se-Halbar kenaikan tidak terlalu signitifikan,” kata pria yang biasa disapa Ongki ini.

Bawaslu berharap lebih diperhatikan terkait DPK, yang mana dikhawatirkan pada saat pencoblosan terjadi peningkatan DPK, sehingga terjadi komplain dari pemilih dan Partai Politik.

“Kesediaan surat suara sesuai DPT dan tambahan dengan 2 persen, sehingga harapan kami agar KPU lebih lagi melakukan identifikasi terkait data DPK,” ujarnya.

Disisi lain, Kadis Dukcapili Halbar, Andy R Pilliy mengatakan bahwa terkait dengan masyarakat 6 desa versi Halbar  pihaknya tetap melakukan pelayanan terkait perekaman e-KTP sambil menunggu putusan dari Mendagri.

“Untuk itu kami menyampaikan kepada peserta yang hadir agar disampaikan kepada keluarga atau tetangga yang belum melakukan perekam e-KTP agar segera datangi di kantor Dukcapil guna melakukan perekaman,” tandasnya.

Rapat Pleno Penetapan DPTb dihadiri, Ketua KPU Halbar Abjan Raja, Devisi Hukum Ramla Hasim, Devisi SDM Abner Saban, Devisi Teknis Iwan Hi Kadir, Kadis Dukcapil  Andy Pilly, Mewakili Kapolres, Kasat Intel AKP Hendri Landau,  Devisi HPP Bawaslu Halbar, Aknosius Datang, Kesbangpol Kifli Dise, Keterwakilan masing-masing Partai Politik, Ketua PPK se-Halbar,  yang berjumlah kurang lebih 40 orang. (PN/Ajo)

 Data Pleno Penetapan DTPb 8 Kecamatan Kabupaten Halbat:

No

Kecamatan

Desa

TPS

DTPb

Masuk Keluar

1

Jailolo

34

108

83

92

2

Jailolo Selatan

22

53

0

59

3

Sahu Timur

18

19

1

27

4

Sahu

19

37

6

33

5

Ibu Selatan

16

40

0

14

6

Ibu

17

35

1

19

7

Ibu Utara

16

32

0

17

8

Loloda

27

43

1

22

Total

169

379

92

283

 

Pos terkait