BKP Ternate Musnahkan 7 Kg Daging Babi Ilegal Asal Manado

  • Whatsapp
Paramedik Veteriner Balai Karantina Pertanian Kelas II Ternate, Wawan (Foto: Yunita/KabarMalut)

TERNATE – Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas II Ternate, memusnahkan daging Babi ilegal seberat 7 kilo gram (Kg) asal Manado Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Daging tersebut merupakan hasil sitaan pada salah satu kapal di Pelabuh Ahmad Yani Jumat (8/3) pekan lalu.

Paramedik Veteriner BKP Kelas II Ternate, Wawan menyebutkan daging ilegal itu dikirim dari Manado dan dijemput seorang warga untuk konsumsi pribadi. Namun tidak didukung dokumen kepemilikan sehingga disita petugas dan diberikan tenggang waktu tiga haru untuk melengkap dokumen dimaksud.

Muat Lebih

“Waktu yang kami berikan tiga hari untuk melengkapi dokumen, hanya saja sampai batas waktu yang ditentukan tidak dipenuhi. Jadi kalau sampai waktu tersebut habis, maka tindakan yang kami lakukan yakni pemusnahan,” ungkap Wawan kepada wartawan, Kamis (14/3/2019).

BKP sendiri tidak memiliki kewenangan melarang adanya suplai daging Babi masuk ke Kota Ternate meski hanya untuk mengkonsumsi pribadi. Hanya saja, setiap daging yang masuk ke Ternate harus memiliki kelengkapan dokumen sesuai ketentuan yang berlaku.

“Harus ada kelengkapan dokumen bahwa daging itu bukan untuk dijual di pasar melainkan dikonsumsi pribadi,” tambahnya.

Perlud diketahui, daging Babi seberat 7 kg dimusnakan dengan cara dibakar di Instalasi Karantina Hewan (IKH) di Kelurahan Sasa, Kecamatan Ternate Selatan. (Ajo)

Pos terkait