oleh

Pemkab Halbar Lelang 5 Jabatan Eselon II

JAILOLO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hamahera Barat (Halbar) melelang 5 jabatan eselon II dengan membuka pendaftaran seleksi pejabat tinggi pratama secara terbuka. Hal itu dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan IV yang ingin meningkatkan karier menjadi pejabat eselon II.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Halbar, Jubair T Latif mengaku seleksi terbuka pejabat tinggi pratama ini merupakan agenda yang sudah ditetapkan oleh BKD dan telah dibahas oleh Pansel jauh hari sebelumnya. Bahkan telah mendapat persetujuan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Kami dan Sekda sudah coba menyampaikan rencana seleksi ini ke KASN, dan KASN memberikan dukungan penuh dalam bentuk pemberian rekomendasi,” kata Jubair kepada wartawan, Rabu (13/3/2019).

Menurutnya, 5 jabatan eselon II yang dilelang diantaranya Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, BP3D, BKKBD dan Sekwan. Tahapan pendaftaran mulai berlangsung Kamis (14/3) besok, dan telah diumumkan kepada seluruh ASN di Provinsi Maluku Utara (Malut) yang berkeinginan atau punya animo ingin ikut  dipersilahkan mengikuti  seleksi terbuka ini.

“Setiap jabatan itu persyaratannya minimal tiga  yang mendaftar, untuk jumlah secara total 15 orang dari seluruh SKPD yang akan dilelang nanti. Besok itu awal dari proses , jika siapa saja yang ikut dalam tes ini silahkan mendaftar, seleksi ini dibuka secara umum di luar dari Halbar juga bisa mendaftar dalam seleksi ini,” tuturnya.

Jubair juga menambahkan, dalam tahapan seleksi terdapat persyaratan umum dan khusus yang mengacu pada UU nomor 5 tahun 2014 /PP nomor 11 tahun 2017. Semua ASN memiliki hak yang sama untuk ikut dalam seleksi.

“Karena  sejalan dengan tuntutan reformasi dalam rangka bagaimana kita mendapatkan aparatur yang punya kapabilitas, kapasitas dan profesional, sehingga mampu mengelola organisasi ini,” tegasnya.

Jubair juga berharap seleski ini bukan hanya melibatkan Pansel, pegawai untuk mengawasi tapi juga melibatkan warga masyarakat dalam memberikan tanggapan atau keterang  terkait jejak rekam para peserta, untuk menambah informasi Pansel. Sehingga Pansel juga punya referensi pada peserta seleksi pejabat eselon II. (Ajo)

Komentar

Kabar Lainnya