oleh

48 CJH Pulau Morotai Jalani Pemeriksaan Kesehatan Tahap Akhir

DARUBA – Sebanyak 48 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Pulau Morotai, menjalani pemeriksaan kesehatan tahap akhir, yang berlangsung di RSUD Pulau Morotai, Rabu (13/3/2019).

Penanggung Jawab Program Haji Pulau Morotai, Ismul Pinang menyebutkan pemeriksaan kesehatan terhadap 48 CJH dilakukan dua tahap, tahap pertama yakni pemeriksaan laboratorium yang diperiksa meliputi periksa golongan darah, asam urat, gula darah, urine lengkap, jenis Ph, pemeriksaan jantung Elektrokardiogram (EKG), Rontgen atau Pemeriksaan Paru-paru dan pemeriksaan fisik.

“Hal ini tentunya untuk menyimpulkan Calon Jamaah Haji ini apakah masuk kategori resiko tinggi atau sedang. Maksudnya pada resiko tinggi karena usia atau penyakit,” ungkap Ismul kepada wartawan, Rabu (13/3/2019).

Sementara pemeriksaan kesehatan tahap kedua, sama halnya dengan pada tahap pertama hanya saja pemeriksaan ini merupakan tujuan akhir yaitu menentukan kategori CJH atau penetapan istithaah, yakni layak tidaknya CJH tersebut berangkat.

“Intinya bagi Calon Jamaah Haji tersebut ada kesimpulan yang meliputi tiga kategori antara lain mandiri, observasi atau tunda. Mandiri artinya siap kesehatan jasmani dan rohani tanpa pedamping, Observasi artinya tetap berangkat tapi akan dipantau terus kesehatannya dan kategori tunda yang pasti tidak akan diberangkatkan,” jelasnya.

Pemeriksaan kesehatan secara gratis ini, lanjut Ismul, berlangsung aman dan lancar tanpa ada kendala dalam tahap pemeriksaan. (Ajo)

Komentar

Kabar Lainnya