oleh

Kurun Waktu 3 Bulan, Polres Ternate Ungkap 4 Kasus Narkoba

TERNATE – Dari Januari sampai dengan bulan Maret 2019 Tim Satuan Reskrim Narkoba Polres Ternate berhasil mengungkap empat kasus Narkoba tiga kasus untuk sabu dan satu kasus Narkoba jenis Ganja.

“Dari empat kasus tersebut ada lima tersangka, tiga kasus sudah dilakukan tahap 1 dan untuk 1 kasus masih dalam proses penyelidikan,” kata Kapolres Ternate AKBP Azahari Juanda di dampinggi Kasat  Reskrim Narkoba  AKP Herri Suhendar dan IPDA Wahyuddin, dalam Press Release di Mapolres Ternate, Selasa (12/3/2019).

Dikatakan,untuk tersangka sebanyak lima orang dan Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Kecamatan Ternate Utara 1 kasus,Kecamatan Ternate Tengah 1kasus dan kecamatan Ternate Selatan ada 2 kasus.Dari empat kasus lima tersangka yang ditangani oleh Satresnarkoba Polres Ternate dan berhasil mengamankan barang bukti ganja sebanyak 28 sachet ukuran sedang dengan berat 25,3 gram dan satu sachet ukuran besar dengan berat 10,4 gram dengan total sebanyak 35,7 gram yang saat ini masih diuji di Puslabfor Makassar semantara sabu dari total penangkapan ini sabu 0,78 gram dan barang bukti lainya berupa tiga unit HP dan satu buku tabungan.

“Selain empat kasus ini, selama periode Januari, kita juga telah melakukan penangkapan terhadap lima orang tapi penangkapan tersebut tidak disertai barang bukti sehingga mereka di asesmen di BNNP Malut,”ungkap Azahari.

Kelima tersangka tersebut melanggar pasal 112 dengan hukuman penjara paling singkat 4 tahun atau paling lama 12 tahun,selanjutnya pasal 114 hukuman penjara paling singkat 5 tahun atau paling lama 20 tahun penjara, pasal 127 hukuman penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 4 tahun.

Sementara itu, untuk kasus Ganja yang dilanggar, pasal 111 hukuman penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 12 tahun penjara,pasal 114 hukuman penjara palingkat 5 tahun atau paling lama 20 tahun penjara dan pasal 127 hukuman penjara paling singkat 1 tahun atau paling lama 4 tahun penjara pasal 114 ayat 1 dan pasal 112 ayat 1 nomor 35 tahun 2009 tentang narkoba.

“Saya berharap kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama ikut berperan aktif dalam melakukan pemberantasan narkoba baik di lingkungan keluarga sekitar hingga ke lingkungan masyarakat,” pungkasnya.

Komentar

Kabar Lainnya