oleh

APK Caleg Halbar Terpasang di Enam Desa, Bawaslu Panggil Dua Pimpinan Parpol

JAILOLO – Sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) milik Calon Legislatif (Caleg) DPRD Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) daerah pemilihan I dari Partai Bulan Bintang (BPP) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), bertebaran terpasang di wilayah enam desa yang disengketan Pemerintah Kabupaten Halbar dan Kabupaten Halmahera Utara (Halut).

Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Halbar langsung melayangkan surat pemanggilan terhadap dua pimpinan Partai Politik (Parpol) yakni PBB dan Partai Gerindra Halbar, terkait dengan permasalahan tersebut.

“Setalah adanya koordinasi, kami dengan Bawaslu Halut, terkait adanya sejumlah APK Caleg DPRD Halbar yang dipasang di wilayah enam desa. Maka kami hari ini  panggil dua pimpinan partai tersebut untuk membicarakan agar bisa diturunkan oleh partai sendiri,” kata Ketua Bawaslu Halbar, Alwi Hi Ahmad kepada wartawan, Selasa (5/3/2019).

Kedua Parpol diminta untuk segera menurunkan APK yang tersebar di enam desa itu. Karena wilayah enam desa tercatat administrasi wilayah Kabupaten Halut.

“Daerah tersebut (enam desa) sesuai administrasi wilayah masih atas nama Kabupaten Halut,” tegasnya.

Bawaslu juga meminta para Caleg Dapil I Halbar jangan memaksakan keadaan, karena wilayah enam desa yang disengketan masih cercatat dalam administrasi Kabupaten Halut.

“Baiknya sementara para Partai dan Caleg di Halbar ini, untuk APK jangan dulu taruh di enam desa. Mengingat wilayah tersebut sampai ini belum ada keputusan dari pusat,” pungkasnya. (Ajo)

Komentar

Kabar Lainnya