oleh

Pernah Bermasalah, Oknum Polisi Polres Halut Ancam Wartawan

TOBELO – Meski baru menjalani hukuman atas kasus penganiayaan yang terjadi pada akhir Desember 2018 lalu, tidak membuat sikap okum Polisi yang bertugas di Satuan Intelkam Polres Halmahera Utara (Halut) ini berubah lebih baik.

Oknum Polisi bernama Brigpol Herby Oktorino Kalidu alias Rino ternyata menyimpan sejumlah dendam selama menjalani hukuman di jeruji besi terkait pemberitaan terhadap dirinya. Terbukti, usai menjalani hukuman, Rino mengancam dua wartawan saat peliputan kegiatan Musrembang Perubahan RPJMD Halut, Selasa (12/2/2019).

Dihadapan kedua wartawan, Rino mengancam dengan melontarkan kata-kata yang tidak etis sebagai seorang aparat hukum. Rino menuding, akibat pemberitaan yang tidak sesuai fakta, maka dirinya harus ditahan institusinya sendiri.

“Kalian sudah tulis berita saya, jadi nanti kita lihat sudah dari sini kesana, karena sekarang saya juga sudah di lapangan, jadi sudah sama-sama di lapangan. Berani kalian berbuat salah, saya lipat kalian nanti,” ungkap salah satu wartawan, Agus mengulangi pernyataan Rino.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Daerah Halut, Rachaman Baba sangat menyesalkan tindakan oknum anggota Polisi Halut ini, apalagi ancaman ini dilontarkan masih dalam momentum perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2019. PWI mengecam tindakan oknum Polisi tersebut.

“Apapun dalihnya, mengancam dan menganiaya wartawan karena karya jurnalistiknya tidak dapat dibenarkan dan ditolerir,” kata Rachaman.

Dia menambahkan, seharusnya jika ada pihak yang merasa dirugikan dalam pemberitaan media, dapat diambil langkah klarifikasi ataupun hak jawab terkait pemberitaan tersebut, bukan dengan cara-cara kekerasan.

“Kami atas nama PWI Halut menyesalkan adanya kasus ini. jika  oknum anggota polisi merasa dirugikan karena berita yang dibuat, silakan klarifikasi, kalau masih merasa tidak puas silahkan laporkan ke Dewan Pers, bukan dengan cara mengancam dan kekerasan terhadap wartawan,” singkatnya. (Ajo)

Komentar

Kabar Lainnya