oleh

Cegah Penyakit DBD, Elemen Masyarakat Desa Belang-Belang Gelar Baksos

LABUHA – Mencegah terjadinya penyakit Demam Berdarah (DBD) menyerang masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) melalui Bidan Desa (Bides) Belang-Belang bekerja sama dengan Babinsa dan Bhabinkamtimas menggelar bakti sosial (Baksos) bersama masyarakat Belang-Belang Kecamatan Bacan.

Bidan Desa Belang-Belang, Endang Rahmawati Ningrum menyebutkan di Halsel sendiri terjadi peningkatan kasus DBD. Untuk itu dilakukan pencegahan guna mengantisisapi penyakit tersebut. Salah satu pencegahaan yang dilakukan yakni mengajak masyarakat menggelar kegiatan bakti sosial di lingkunga desa.

“Di Belang-Belang sampai sekarang belum, makanya harus diantisipasi sejak awal,” kata Endang ketika dikonfirmasi via telepone, Senin (11/2/2019).

Selain itu, Babinsa Desa Belang-Belang, Kopda Anto Halim menjelaskan kegiatan Baksos ini menjadi agenda kerja Babinsa dan Bhabinkamtibmas bekerja sama dengan Pemerintah Desa dan masyarakat. Agenda kerja ini dinamakan Desa Bersih yang dilaksanakan dua kali dalam satu bulan.

“Saya sangat optimis walaupun ini merupakan kegiatan perdana tapi perlu digaris bawahi dengan hal yang kecil ini maka akan lahir semangat gotong royong pada warga. Jika ini sudah terjalin maka insyah Allah program serta visi dan misi kita menjadikan Desa Belang-Belang desa madani akan bisa tercapai,” ujar Kopda Anto .

Begitu juga Babinkamtibmas Brigpol Rahman Suhaem menuturkan, tujuan dari Bakso ini adalah mencegah terjadinya demam berdarah terhadap masyarakat. Salah satu penyebab utama adalah lingkungan.

“Oleh sebab itu saya dan Babinsa didukung oleh Pemerintah Desa setempat mengajak warga untuk sama-sama  memperhatikan lingkungan sekitar. Selain itu, Baksos ini juga akan berkelanjutan. Selain dari mencegah terjadinya DBD kegiatan ini juga mempererat tali silaturrahim antara sesama warga karena kegiatan ini sifatnya gotong royong,” tutur Brigpol Rahman.

Sebagai Pemerintah Desa, Kepala Desa Belang-Belang Suaib Yunus mengapresiasi dan mendukung penuh langkah Babinsa dan Bhabinkamtimas dalam kegiatan Baksos guna mencegah penyakit DBD. Tak hanya itu, Suaib juga berkomitmen akan membawa program Baksos ini dalam pembahasan perubahan Dana Desa (DD).

“Kami Pemerintah Desa sangat mengapresiasi itu. Jadi, agenda ini akan kami bahas dan menganggarkan melalui Dana Desa tahun ini, sebab ini soal kemaslahatan masyarakat itu sendiri,” pungkas Kades Suaib. (PN/Ajo)

Komentar

Kabar Lainnya