oleh

Bawaslu Halbar Tidak Temukan Pelanggaran di Kagiatan HKTI

JAILOLO – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) menyatakan tidak temukan adanya pelanggaran politik di pelantikan pengurus organisasi Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi  Maluku Utara (Malut), di Desa Kuripasai Kecamatan Jailolo, yang dihadiri sejumalah Aparatur Negri Sipil (ASN) lingkup Pemkab Halbar.

Kordiv Hukum dan Penindakan Bawaslu Halbar, Aknosius Datang mengaku telah melakukan klarifikasi atau pemeriksaan terhadap ketua panitia pelantikan pengurus HKTI Malut, yang juga Sekertaris Dishub Halbar, Suwandi Hi Gani dan satu Politisi DPC PDI-P  Hermanto Majid.

“Karena selesai proses pelantikan pengurus HKTI kemarin, saat itu pula dilanjutkan dengan kegiatan Deklarasi Tim Pemenang Jokowi-Maaruf,” kata Aknosius saat ditemui KabarMalut di ruang pengaduan kantor Bawaslu Halbar, Senin (11/2/2019).

Menurutnya, selama dalam pendalaman melalui pemeriksaan pada Suwandi Hi Gani dan Hermanto Majid, sejauh ini tidak menemukan bukti adanya praktek-praktek pelanggaran. Periksa Suwandi akui tidak tahu adanya  kelanjutan kegiatan deklarasi itu.

“Hanya saat periksa Hermanto  mengaku ada pemberitahuan di Seksi Perlengkapan (salah satu panitia pelantikan pengurus HKTI) atas nama Ruslan Hi Tamala dan  periksa Ruslan membenarkan ada konfirmasi dari pihak  menyelenggarakan Deklarisi Jokowi-Maaruf,” jelasnya.

Ia menambahkan, sementara dari segi pembiayaan pun Bawaslu Halbar menemukan benar dan murni  semua dibiayai oleh HKTI.

“Hal itu dibuktikan dengan kwitansi pembiayaan yang berhasil dikumpulkan Bawaslu, maka tidak ada pelanggaran yang ditemukan,” pungkasnya. (Ajo)

Komentar

Kabar Lainnya