oleh

Bawaslu Pulau Morotai Rakor dengan Panwascam Bahas Perekrutan PTPS Pemilu

DARUBA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pulau Morotai menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Panwaslu Kecamatan (Panwascam) untuk pengawasan tahapan Pemilu dan rencana perekrutan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) pada Pemilu 2019.

Pada kesempatan ini Ketua Panwascam Mortim, M Ardi Sumtaki menyebutkan setiap TPS yakni Desa Buho Buho, Hino dan Seseli Jaya, memiliki kerawanan.

“Kami sudah diskusi dengan pihak Bawaslu terkait kerawanan di beberapa desa tersebut, dan ketika desa itu memilki potensi kerawanan, maka bisa atau tidaknya perekrutan PTPS ini akan kami ambil dari Desa Wewemo untuk menjadi PTPS di tiga desa itu tersebut,” jelas Ardi kepada Kabar Malut di aula kantor Desa Darame Morsel, Kamis (7/2/2019).

Ardi juga menyebutkan ada satu desa yang memiliki tingkat pendidikan yang masih minim, yakni Desa Lifao. Sebab pada saat tim melakukan lakukan pencarian petugas PPL di waktu Pilgub sangat sulit.

“Ini juga kami meminta kepada Bawaslu apakah bisa atau tidak kalau kami mengambil PTPS di desa tertinggal,” sebutnya.

Pada kesempatan yang sama Salah satu Komisioner Panwascam Morsel, Mulkan Hi Sudin juga menyampaikan bahwa untuk ijazah SMA  tidak ada masalah, karena semua di Morsel memiliki ijazah tersebut.

“Perlu koordinasi dahulu untuk melakukan  wawancara di tiap-tiap desa yang ada di Morsel, sebab hal ini membutuhkan anggaran juga,” tandasnya.

Menanggapi keluhan dari beberapa anggota Panwaslu se-Kecamatan Kabupaten Pulau Morotai,  Ketua Bawaslu Pulau Morotai, Lukman Wangko dalam rapat koordinasi  menyampaikan bahwa meski satu desa terdapat hanya satu TPS, maka harus dilakukan PTPS. Kemudian untuk desa yang rawan, ketika dalam waktu perekrutan PTS lalu tidak ada yang mendaftar, maka akan dilakukan perekrutan di desa tetangga untuk menjadi PTPS di desa tersebut, tetapi melalui passing grade.

Berdasarkan data Bawaslu Pulau Morotai, jumlah TPS Pemilu 2019, 212 dengan rincian Kecamatan Morsel 73 TPS, Mortim 32 TPS, Morut 36 TPS, Morja 29 TPS dan Morselbar 42 TPS. (Ajo)

Komentar

Kabar Lainnya