oleh

Diguncang Gempa 4,1 SR, Warga Morotai Mengungsi ke Gunung

DARUBA – Gempa bumi berkekuatan 4,1 skala richter (SR) mengguncang wilayah Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara (Malut) sekitar pukul 22:57 WIT Kamis (4/10/2018). Warga pun panik lari berhamburan ke luar rumah.

Data yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stageof Ternate, pusat gempa berdada pada  2.08 LU,128.57 Bujur Timur 36 km Tenggara Kabupaten Pulau Morotai pada kedalaman 10 Km. Gunjangan gempa dirasakan di Pulau Morotai II MMI (Modified Mercalli Intensity).

Amatan KabarMalut, warga Pulau Morotai khususnya di Desa Mandiri, Totodoku dan Joubella, Kecamatan Morotai Selatan, panik dan melarikan diri mengungsi ke gunung karena takut terjadi tsunami.

Warga Pulau Morotai hendak mengungsi setelah diguncang gempa 4,1 SR

Salah satu warga Desa Totodoku, Riswan Kurung mengaku saat merasa gempa, warga langsung memilih menyelamatkan diri dengan mengungsi ke gunung dikhawatirkan terjadi tsunami.

“Kami rasa takut sehingga kami mengungsi di gunung untuk mengamankan diri,” kata Riswan, Jumat (5/10/2018) dini hari.

Riswan mengatakan seluruh keluarganya sudah lebih dulu lari ke gunung setelah gempa. Hal ini dilakukan karena  trauma seperti terjadi gempa di Palu dan Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang kemudian disusul tsunami.

“Semua keluarga kami sudah lari ke gunung, takut terjadi tsunami,” jelasnya.

Nampak pula, sejumlah aparat dari Polres Pulau Morotai yang dipimpin KSPK Ipda Rumbiak menyampaikan imbauan kepada warga agar tidak panik.

“Kehadiran kami ini untuk mengimbau seluruh warga agar jangan merasa ketakutan,” singkatnya. (Ajo)

Komentar

Kabar Lainnya